Minggu, 23 Agustus 2009

Reformed Spirituality

Oleh Andrew Kristanto

I PENDAHULUAN
Pembicaraan mengenai tradisi Reformed berikut kelimpahan warisan spiritualitasnya niscaya tidak dapat dipisahkan dari kehadiran pengakuan iman (confessions of faith) serta katekismus (catechisms) yang telah dihasilkannya selama berabad-abad. Menurut John Leith, “the Reformed community produced at least fifty confessions of some note in the first 150 years.” Artinya, setiap tiga tahun muncul satu confession dari tradisi Reformed. Di dalam perjalanannya, confessions dan catechisms telah digunakan oleh institusi gereja beserta keluarga Reformed bukan hanya untuk menegakkan pengertian iman ortodoks saja namun juga sekaligus untuk mendidik setiap orang bertumbuh secara rohani (spiritual) di dalam prinsip-prinsip kebenaran yang telah diwahyukan Allah di dalam Alkitab sebagaimana yang ditulis Douglas Van Dyken

Throughout the centuries the church has employed good scriptural and doctrinal catechism books to ensure thorough biblical knowledge, doctrinal stability, and an effective walk before the Lord. Godly uses of catechism material generates greater devotion to the Word.


Dari sekian banyak pengakuan iman Reformed yang ada, salah satu pengakuan iman Reformed yang paling menonjol adalah Heidelberg Catechism (1563) yang disebut sebagai, “a catechism of unusual power and beauty, an acknowledged masterpiece.” Bahkan Joel Beeke dan Sinclair Ferguson tidak segan-segan menyebut Heidelberg Catechism sebagai “the most widely used and warmly praised catechism of the Reformation.” Katekismus Heidelberg juga tidak hanya sekedar mengajarkan teologi Reformed belaka namun katekismus ini juga memiliki karakteristik yang devosional, “much of this catechism seems to have been written on bended knees. There is resident in it a clear sense of the presence of God.” Artinya Heidelberg Catechism telah digunakan paling sering untuk membangun spiritualitas orang Reformed di sepanjang sejarah sejak kehadirannya. Berdasarkan klaim atas Katekismus Heidelberg yang sedemikian menyanjung maka paper ini ditujukan untuk menggali keunikan dan kelimpahan katekismus tersebut baik dari aspek pengajaran doktrinal mau pun aspek devosinya serta signifikansinya bagi pertumbuhan rohani orang Kristen di dalam konteks masa kini.
Pembahasan akan dimulai dari perbandingan singkat antara Katekismus Heidelberg dengan Katekismus Kecil Westminster. Kemudian dari total 129 pasang tanya-jawab, secara khusus cakupan utama pembahasan dalam paper ini dibatasi pada prologue pasangan tanya-jawab pertama dan kedua dari Katekismus Heidelberg (Lord’s Day 1) karena seluruh pasangan tanya-jawab sisanya dibangun di atas pondasi kedua pasang tanya-jawab pertama tersebut. Bagian akhir akan memuat tentang derivasi praktis berupa spiritual exercise sebagai aplikasi dari pembahasan Heidelberg Catechism yang akhirnya ditutup dengan sebuah konklusi singkat.

II. PEMBAHASAN

Q : What is thy only comfort both in life and death?

A : That I with body and soul, both in life and death, am not my own, but belong unto my faithful Savior Jesus Christ, who, with his precious blood, hath fully satisfied for all my sins, and delivered me from all the power of the devil; and so preserves me that, without the will of my heavenly Father, not a hair can fall from my head; yea, that all things must be subservient to my salvation: and therefore, by his Holy Spirit, he also assures me of eternal life, and makes me sincerely willing and ready henceforth to live unto him.


(Heidelberg Catechism 1.1)



2.1. Heidelberg Catechism dan Westminster Confession & Catechisms
Katekismus Heidelberg (1563) lebih dahulu muncul dibandingkan dengan Katekismus Westminster (1643) yang begitu dikenal dengan pertanyaan pertamanya tersebut.

Q: What is the chief end of men?
A : The chief end of men is to glorify God and enjoy him forever

Dibandingkan dengan pertanyaan pertama Westminster Catechism, baik versi Shorter mau pun Larger, maka terdapat perbedaan urutan yang diajukan oleh Katekismus Heidelberg antara memuliakan dengan menikmati Allah. Westminster Cathechism meletakkan mempermuliakan Allah terlebih dahulu baru kemudian menikmati Dia (… to glorify God and enjoy him forever). Sementara Heidelberg Catechism meletakkan menikmati Allah (baca: comfort) terlebih dahulu di dalam karya penebusan-Nya (That I with body and soul, both in life and death, am not my own, but belong unto my faithful Savior Jesus Christ…) dan baru kemudian mempermuliakan Dia (… sincerely willing and ready henceforth to live unto Him). Jadi menurut Katekismus Heidelberg, menikmati Allah – di dalam karya keselamatan-Nya – adalah dasar dan alasan bagi orang Kristen untuk mempermuliakan Dia.
Zacharias Ursinus sendiri, sebagai salah satu dari dua penyusun Katekismus Heidelberg selain Caspar Olevianus, menjelaskan mengapa isu mengenai Christian comfort menjadi sangat penting di dalam kehidupan Kristiani.

From what has been said, it is clearly manifest that this comfort is necessary for us; First, on account of our salvation, that we may neither faint nor despair under our temptations, and the conflict in which we are called to engage, as Christians. And secondly, it is necessary on account of praising and worshipping God; for if we would glorify God in this, and in a future life, (for which we are created,) we must be delivered from sin and death; and not rush into desperation, but be sustained, even to the end, with sure consolation.


Singkatnya menurut Ursinus, Christian comfort tersebut berfungsi untuk menghindarkan orang Kristen dari keputusasaan yang diakibatkan oleh pencobaan dan konflik dan terus memberikan kekuatan bagi mereka untuk tetap hidup mempermuliakan Allah.
Katekismus Heidelberg menempatkan comfort Kristiani tersebut tidak di dalam bentuk objective truth belaka – berupa proposisi teologis – yang abstrak dan cenderung jauh dari pergumulan sehari-hari. Namun Katekismus Heidelberg pun menaruh objective truth tersebut di dalam relasi yang reflektif, spiritual, dan personal bagi pembacanya. Beeke dan Ferguson tentang Katekismus Heidelberg menulis bahwa
This catechism presents doctrines with clarity and warmth. Its content is more subjective than objective, more spiritual than dogmatic. Not surprisingly, this personal, devotional catechism, as exemplified by its use of singular pronouns, has been called “the book of comfort” for Christians.

Hal ini kentara dengan pertanyaan yang dimulai dengan kata ganti orang kedua (you) dan dijawab dengan kata ganti orang pertama (I). Sementara Katekismus Westminster lebih banyak berbicara di dalam tanya jawab teologis yang agak berbau skolastik. Menurut John Leith

This Confession [Westminster Confession] has all the virtues of a highly developed, precise, technically refined theology, as well as the particular imprint of English Puritanism. Its virtues are also its weaknesses. In places it knows too much about God and God’s will, and it lacks both the generosity of the Second Helvetic and the personal and experiential warmth of the Scots and Second Helvetic Confessions... The Westminster Shorter Catechism has the virtues and weaknesses of the Westminster Confession.


Katekismus Heidelberg juga memberikan sebuah comfort seal berupa subjective assurance di dalam diri orang percaya yang dikerjakan oleh Roh Kudus yang terus bersaksi di dalam hati. Artinya, comfort yang objektif tersebut (That I am not my own, but belong – body and soul, in life and death – to my faithful Savior Jesus Christ …) dapat secara nyata disadari dan dinikmati oleh orang Kristen secara terus-menerus di dalam kesadaran subjektif dan personalnya sendiri. Di dalam hal ini pemberian tempat bagi kesaksian Roh Kudus yang meneguhkan karya keselamatan Kristus di dalam hati orang percaya tersebut (… by his Holy Spirit, he also assures me of eternal life …) menandakan bahwa Heidelberg Catechism telah menggumulkan suatu tema besar di dalam era Puritan Inggris yakni personal assurance of salvation di mana tema tersebut kelak akan dibahas secara khusus di dalam Westminster Confession of Faith pasal XVIII yang meneguhkan adanya kesaksian Roh Kudus yang memberi kepastian keselamatan di dalam hidup orang percaya.
Perbedaan yang ketiga adalah, Heidelberg Catechism dengan pertanyaan pertamanya menujukkan karakteristiknya yang Kristosentris sementara Westminster Catechism lebih kepada theosentris meski pun di dalam keseluruhan akhirnya Westminster Catechism berkembang di dalam urutan Trinitarian. Karakteristik Kristosentris Heidelberg Catechism tersebut dapat ditemukan di dalam jawaban pertamanya yang menempatkan Kristus dan karya-Nya sebagai figur utama di dalam comfort Kristiani tersebut – di mana seluruh kata kerja aktif yang tercantum mengacu kepada Kristus; sementara Bapa dan Roh Kudus lebih ditempatkan sebagai latar belakang (background) dari karya penebusan Kristus. Karakteristik Heidelberg Catechism yang demikian juga diakui oleh Cornelius Platinga ketika ia mendaftar enam karakteristik Heidelberg Catechism di mana salah satu karakternya adalah, “Christo-centric. Christ is the One who comforts, commands, redeems, rules, calls a church, communes with us, guards the kingdom, and prays the model prayer. All the main items in the Catechism are somewhat related to him.”
2.2. Heidelberg Catechism dan Teologi John Calvin
Pertanyaan pertama mengenai penghiburan diajukan oleh Katekismus Heidelberg karena tema penghiburan Kristiani tersebut memang merupakan “the design and substance of the catechism.” Dalam bagian prolegomena Katekismus Heidelberg, Ursinus menulis seperti demikian

The design of the doctrine of the catechism is our comfort and salvation. Our salvation consists in the enjoyment of the highest good. Our comfort comprises the assurance and confident expectation of the full and perfect enjoyment of this highest good, in the life to come, with a beginning and foretaste of it already, in this life. This highest good is that which makes all those truly blessed who are in the enjoyment of it, whilst those who have it not are miserable and wretched.


Jadi Katekismus Heidelberg memang sengaja dibuat untuk memberikan penghiburan (comfort) dan keselamatan (salvation) bagi orang Kristen. Bagi Ursinus, penghiburan dan keselamatan merupakan dua hal yang saling berkaitan erat. Keselamatan di dalam Kristus menjadi sumber penghiburan yang menenangkan di tengah dunia yang penuh dengan pergolakan. Sementara penghiburan yang sejati hanya dapat ditemukan di dalam jaminan dan kepastian bahwa seseorang kelak akan menikmati “this highest good” secara penuh di dalam Kristus pada “the life to come” (not yet) meski pun hal itu sudah dicicipi sejak “in this life” (already).
Dalam hal ini agaknya Katekismus Heidelberg berusaha menyatukan dua keping puzzle dari Luther dan Calvin. Spiritualitas Luther memberi penekanan kepada “this worldly” atau “this life” sementara Calvin, dengan meditatione futurae vitae-nya, lebih berkiblat kepada spiritualitas “that worldly” atau “the life to come” ala Mediaeval. “Whatever kind of tribulation presses upon us, we must ever look to this end: to accustom ourselves to contempt for the present life and to be aroused thereby to meditate upon the future life,” ujar Calvin. Sebagaimana yang juga dikatakan oleh Billy Kristanto, bagi Luther biara yang sejati adalah seluruh dunia ini sedangkan Calvin mengatakan biara sesungguhnya sebenarnya ada di dalam sorga. Jadi, jawaban pertama Katekismus Heidelberg yang Kristosentris tersebut seolah-olah ingin mengatakan bahwa isu Christian comfort sebenarnya bukan pada masalah kapan dan dimana, antara “di sini” dengan “di sana.” Jauh lebih penting dari itu yang menjadi poin krusial sesungguhnya adalah apakah seseorang mengenal Kristus atau tidak. Ketika seseorang telah mengenal akan karya Kristus maka hal itu sudah mencakup dan sekaligus melampaui wacana mengenai spiritualitas “this or that worldly.”
Jadi comfort Kristiani di dalam puzzle Katekismus Heidelberg terletak bukan pada meditatione futurae vitae namun lebih pada meditatione Christi yakni bermeditasi dan berkontemplasi tentang Kristus dan karya-Nya. Sebagaimana yang dikatakan oleh Ursinus sendiri, “Comfort is that which results from a certain process of reasoning, in which we oppose something good to something evil, that by a proper consideration of this good, we may mitigate our grief, and patiently endure the evil.” Comfort bukan sesuatu yang niscaya terjadi begitu saja melainkan comfort adalah sesuatu yang terus menerus diperjuangkan melalui meditasi. Ursinus (baca: Heidelberg Catechism) menuntut adanya disiplin pikiran Kristiani tentang Kristus dan karya keselamatan-Nya demi menghasilkan comfort dalam hidup orang percaya selama di dunia.
Sebenarnya Calvin sendiri pun sudah menyinggung mengenai meditatio Christi, yakni meditasi akan Kristus dan karya-Nya, ketika ia mengutip St. Bernard of Clairvaux. Hanya saja Calvin menempatkannya di dalam topik mengenai justification by faith, yakni terkait dengan kepastian keselamatan yang bersifat vertikal antara manusia berdosa terhadap Allah, dan bukan di dalam diskusi tentang penghiburan di tengah dunia yang bergejolak ini. Kutip Calvin,

Now Bernard says: “Where, in fact, are safe and firm rest and security for the weak but in the Saviour’s wounds? The mightier he is to save, the more securely I dwell there. The world menaces, the body weighs us down, the devil sets his snares. I fall not, for I am grounded upon firm rock. I have sinned a grave sin. My conscience is disturbed, but it will not be perturbed because I shall remember the Lord’s wounds.

Masih di bawah tema justification by faith, di dalam bagian lain Calvin pun menulis bahwa

In sum, they are so proclaim God’s benefit as not to turn away from God’s freely given favor, in which, as Paul testifies, there is set “length, breadth, depth, and height” [Eph. 3:18]. It is as he said: “Wherever the mind of the godly turn, however high they mount up, however far and wide they extend, still they ought not to depart from the love of Christ, but should apply themselves wholly to meditating upon it. For in itself it embraces all dimensions.” Therefore, he says that it excels and overtops all knowledge, and that when we acknowledge how much Christ loved us we are “filled with all the fullness of God” [Eph. 3:19]. As elsewhere, while Paul boasts that godly are victors in every contest, he soon adds the reason: “on account of him who loves us” [Rom. 8:37 p.].

Nampaknya justru bagian meditatio Christi ini yang akhirnya diambil oleh Katekismus Heidelberg dan digunakan sebagai sumber penghiburan Kristiani. Akan tetapi di sisi lain adalah penting juga untuk disadari bahwa ketika Calvin mengajak pembacanya untuk merenungkan karya penebusan Kristus yang menjamin keselamatan orang percaya, perenungan tersebut pasti akan menimbulkan penghiburan juga di dalam jiwa pembacanya. Hanya saja Calvin memang tidak memasukkan meditatio Christi tersebut di dalam konteks pergumulan sehari-hari di tengah dunia yang bergejolak dan tidak aman ini.






2.3. Kepemilikan Legal, Persatuan Mistis dengan Kristus, dan Kesaksian Internal Roh Kudus
Ursinus meringkas jawaban pertama Heidelberg Catechism itu menjadi satu kalimat yakni, “… no doubt but that we are the property of Christ ….” Billy Kristanto sendiri di dalam papernya mengatakan bahwa jawaban pertama dari Heidelberg Catechism tersebut merupakan referensi pada ide kepemilikan legal dari Kristus atas diri seseorang yang dikembangkan oleh Calvin di dalam Institutio-nya.

We are not our own: let not our reason nor our will, therefore, sway our plans and deeds. We are not our own: let us therefore not set it as our goal to seek what is expedient for us according to the flesh. We are not our own: insofar as we can, let us therefore forget ourselves and all that is ours.

Menurut Billy Kristanto, gagasan kepemilikan legal Kristus atas diri seseorang tersebut kemudian dikaitkan Calvin dengan disiplin penyangkalan diri Kristiani dimana kepemilikan legal itu sendiri mencakup tiga aspek yakni, “pertama, rasio dan kehendak kita yang akan mempengaruhi rencana dan perbuatan kita, kedua, tujuan yang mengikuti kedagingan dan ketiga, lupa akan diri (self-forgetfulness) dan segala milik kita.” Bagi Kristanto lagi,

Meskipun Katekismus Heidelberg seringkali dianggap sebagai pengakuan iman yang lebih moderate sifatnya, namun dalam hal ini ia lebih menangkap inti dari pemikiran Calvin karena memulai dengan konsep legal, sementara Katekismus Singkat Westminster memulai dengan telos (chief end/goal) yang bagi Calvin merupakan penjabaran kedua dari konsep legalnya.

Karakter kepemilikan legal yang Kristosentris dari jawaban pertama Katekismus Heidelberg dikonfirmasi oleh Ursinus sendiri yang mengatakan bahwa, “The substance of this comfort consists in this, that we are ingrafted into Christ by faith, that through him we are reconciled to, and beloved of God, that thus he may care for and save us eternally.” Jadi Ursinus mengaitkan jawaban Katekismus Heidelberg yang sarat dengan muatan kepemilikan legal Kristus atas diri orang percaya dengan “ingrafted into Christ by faith.” Pemikiran Ursinus untuk mengaitkan kepemilikan legal kepada kepada doktrin mystical union with Christ merupakan sebuah pengacuan kembali kepada pandangan Calvin sendiri. Menurut Calvin, karya penebusan Kristus yang objektif di atas kayu salib tidak serta merta memberikan manfaat (benefit) kepada umat pilihan Bapa-Nya. Manfaat penebusan Kristus baru bermanfaat bagi orang pilihan ketika Kristus menjadi milik mereka dan tinggal di dalam mereka sebagai satu tubuh. Ketika orang percaya bersatu dengan Kristus maka di situ kepemilikan legal Kristus atas diri orang percaya pun terjadi. Tulis Calvin, “We also in turn are said to be “engrafted into him” [Rom. 11:17], and to “put on Christ” [Gal. 3:27]; for as I have said, all that he possesses is nothing to us until we grow into one body with him.” Dan bagi Calvin, adalah Roh Kudus yang membawa dan mengikat orang percaya kepada persatuan mistis dengan Kristus.

Yet since we see that not all indiscriminately embrace that communion with Christ which is offered through the gospel, reason itself teaches us to climb higher and to examine into the secret energy of the Spirit, by which we come to enjoy Christ and all his benefits …. To sum up, the Holy Spirit is the bond by which Christ effectually unites us to himself.


Yang menarik untuk dicermati lagi adalah Calvin bukan hanya membicarakan karya objektif Roh Kudus dalam mengerjakan mystical union with Christ saja namun, sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, Calvin pun menambahkan satu bagian lagi dari karya Roh Kudus di dalam mystical union dari sisi yang subjektif yakni, “There is good reason for the repeated mention of the “testimony of the Spirit,” a testimony we feel engraved like a seal upon our hearts, with the result that it seals the cleansing and sacrifice of Christ.”
Dengan demikian di dalam pneumatologi Calvin tentang kesaksian internal Roh Kudus (internum testimonium Spiritus Sancti) tidak hanya terkait dengan bibliologi saja yakni meneguhkan dan memberi kepastian kepada orang percaya bahwa Alkitab adalah firman Allah; namun pneumatologinya juga merambah ke wilayah soteriologi yakni memberi kepastian bahwa memang orang percaya yang sejati telah benar-benar ada di dalam Kristus.
Sehingga di dalam hal ini pun Heidelberg Catechism menunjukkan kesetiaannya kepada pandangan Calvin dengan mencantumkan di dalam pasangan tanya-jawab pertamanya bahwa Kristus“… by his Holy Spirit, he also assures me of eternal life ….”

2.3. Supremasi Penghiburan Kristiani
Akan tetapi berbeda dengan Calvin, ide kepemilikan legal Kristus tersebut oleh Katekismus Heidelberg tidak dikaitkan dengan self-denial melainkan dengan the only comfort bagi hidup Kristiani sehingga penjelasan Heidelberg Catechism tersebut makin memperkaya dan memperlimpah aspek-aspek yang dicakup di dalam gagasan kepemilikan legal tersebut dimana relasi antara orang percaya dengan Kristus bukan hanya dibaca di dalam atmosfer kepatuhan dan ketundukan mutlak akan tetapi juga di dalam atmosfer penghiburan serta sukacita.
Dan comfort Kristiani merupakan sesuatu yang berbeda dari dan tidak mungkin ditawarkan oleh dunia karena comfort Kristiani bersifat Kristosentris yang didasarkan kepada firman Tuhan yang “without the word of God, however, to direct and reveal the truth, there are almost as many opinions entertained as to what this good is, as there are men.” Keunikan dan supremasi comfort Kristiani itu kemudian dibandingkan dan dikontraskan Ursinus dengan filsafat dunia. Tulisnya

The Epicureans place it in sensual pleasure; the Stoics in a proper regulation and moderation of the affections, or in the habit of virtue; the Platonists in ideas; the Peripatetics in the exercise of virtue; whilst the ordinary class of men place it in honors, riches and pleasures. But all these things are transitory, and are either lost already in life, or they are at best interrupted and left behind in the hour of death. But the highest good after which we seek never fades away – no, not in death.

Kontras pertama antara comfort Kristiani dengan pemikiran dunia adalah sifat kekal yang dimilikinya. Dasar comfort yang ditawarkan oleh dunia bersifat fana, dapat dan akan berlalu dan hilang. Akan tetapi comfort Kristiani akan terus bertahan baik “in this life” hingga mencapai “the life to come.”
Kemudian Ursinus melanjutkan pembandingannya akan kontras kedua akan comfort Kristiani dengan comfort yang ditawarkan oleh agama-agama lain seperti demikian

It is true indeed, that the honor of virtue is immortal, and, as the Poet says, survives men’s funerals; but it is rather with others than with ourselves. And it has well been said by a certain one, that virtues cannot be considered the highest good, since we have them witnesses of our calamities. Hypocrites, both within and without the church, as Jews, Pharisees and Mohammetans, seek a remedy against death in their own merits, in outward forms and ceremonies. The Papists do the same thing. But mere external rites can neither cleanse nor quiet the consciences of men; nor will God be mocked with such offerings.

Maksudnya, kebajikan yang dikerjakan oleh orang dunia meski pun memiliki nilai immortal namun kebajikan itu sendiri tetap menjadi saksi akan kemalangan kita karena kebajikan tersebut tidak akan mampu untuk menenangkan hati nurani orang berdosa di hadapan Allah. Hal ini membawa kita kepada konsep the theological use of the law dari Luther yakni bahwa hukum, atau dalam hal ini virtue, berfungsi untuk membawa kita semakin menyadari bahwa pada dasarnya kita adalah orang berdosa yang tidak sanggup untuk mengerjakan semua tuntutan virtue tadi dengan sempurna.
Akhirnya semua perbandingan dengan filsafat mau pun agama lain diakhiri dengan paparan Ursinus akan supremasi comfort Kristiani, “It is only the doctrine of the church that presents such a good, and that imparts a comfort that quiets, and satisfies the conscience; for it alone uncovers the fountain of all miseries to which the human race is subject, and reveals the only way to escape in Christ.” Supremasi comfort Kristiani di dalam sifat kekalnya (reliability) dan kejituannya (validity) menyibak the fountain of all miseries beserta solusinya the only way to escape in Christ kemudian dielaborasi lebih lanjut oleh Ursinus seperti demikian

This, therefore, is that Christian comfort, spoken of in the question of the catechism, which is an only and solid comfort, both in life and death – a comfort consisting in the assurance of the free remission of sin, and of reconciliation with God, by and on account of Christ, and a certain expectation of eternal life, impressed upon the heart by the Holy Spirit through the gospel, so that we have no doubt but that we are the property of Christ, and are beloved of God for his sake, and saved forever …

Ursinus membagi aspek dari penghiburan Kristiani ini ke dalam enam hal yakni
1. Our reconciliation with God through Christ, so that we are no longer the enemies, but the sons of God; neither are we are our own, but we belong to Christ. (1 Cor. 7:23).
2. The manner of our reconciliation with God through the blood of Christ, that is, through his passion, death, and satisfaction for our sins (1 Peter 1.18, 1 John 1:7).
3. Deliverance from the miseries of sin and death. Christ does not only reconcile us to God, but he also delivers us from the power of the devil; so that sin, death, and satan have no power over us. (Heb. 2:14, 1 John 3:8).
4. The constant preservation of our reconciliation, deliverance, and whatever other benefits Christ has once purchased for us. We are his property; therefore, he watches us as his own, so that not much as a hair can fall from our heads without the will of our heavenly Father. Our safety does not lie in our own hands, or strength; for if it did, we should lose it a thousand times every moment.
5. The turning of our evils into good. The righteous are, indeed, afflicted in this life, yea they are put to death, and are as sheep for the slaughter; yet these things do not injure them, but rather contribute to their salvation, because God turns all things to their advantage, as it is said: “All things work together for good to them that love God.” (Rm. 8:27).
6. Our full persuasion and assurance of all these great benefits, and of eternal life. This assurance is obtained, in the first place, from the testimony working in us through faith, and conversion, bearing witness with our spirits that we are the sons of God, and that these blessing truly pertain to us; because “he is the earnest of our inheritance;” and secondly, from the effect of true faith, which we perceive to be in us; such as true penitence, and a firm purpose to believe God and obey all his commandments; for we are assured of having true faith when we have an earnest desire of obeying God. This is the true foundation of all the other parts of this consolation which we have specified, and without which every other comfort is transient and unsatisfying amid the temptations of life. The substance of our comfort is briefly this: –That we are Christ’s, and through him reconciled to the Father, that we may be beloved of him and saved, the Holy Ghost and eternal life being given to us.

Bagi Ursinus semua aspek dalam jawaban pertama Katekismus Heidelberg berguna untuk menjawab serangan-serangan iblis yang diidentifikasikan Ursinus sebagai berikut

That this comfort alone is solid, is evident, first, because it alone never fails – no, not in death; for “whether we live, or die, we are the Lord’s;” and “who shall separate us from the love of Christ?” (Rom. 14:8; 8:35). And secondly, because it alone remains unshaken, and sustains us under all the temptations of satan, who often thus assails the Christian:
1. Thou art sinner. To this comfort replies – Christ has satisfied for my sins, and redeemed me with his own precious blood, so that I am no longer my own, but belong to him.
2. But thou art a child of wrath and an enemy of God. Answer – I am, indeed, such by nature, and before my reconciliation; but I have been reconciled to God, and received into his favor through Christ.
3. But thou shalt surely die. Ans. Christ has redeemed me from the power of death, and I know that through him I shall come forth from death into life.
4. But many evils, in the mean time, befall the righteous. Ans. But our Lord defends and preserves us under them, and makes them work together for our good.
5. But what if thou fall from the grace of Christ? For thou mayest sin, and faints, for it is a long and difficult road to heaven. Ans. Christ has not only merited and conferred his benefits upon me, but he also continually preserves me in them, and grants me perseverance, that I may neither faint nor fall from his grace.
6. But what if his grace does not extend to thee, and thou art not of the number of those who are the Lord’s? Ans. But I know that grace does extend to me, and that I am Christ’s; because the Holy Spirit bears witness with my spirit that I am a child of God; and because I have true faith, for the promise is general, extending to all them that believe.
7. But what if thou has not true faith? Ans. I know that I have true faith from the effects thereof; because I have conscience at peace with God, and an earnest desire and will to believe and obey the Lord.
8. But thy faith is weak, and thy conversion imperfect. Ans. Yet it is nevertheless true and unfeigned, and I have the blessed assurance that “to him that hath shall be given.” “Lord, I believe, help thou mine unbelief.” (Luke 19:26, Mark 9:24)
In this most severe and dangerous conflict, which all the children of God experience, Christian consolation remains immoveable, and at length concludes: therefore Christ, with all benefits, pertains even to me.
Apabila diperhatikan maka kedelapan daftar serangan iblis yang diidentifikasikan oleh Ursinus tersebut memiliki tujuan yang sama yakni untuk merebut keyakinan iman orang Kristen bahwa mereka benar-benar telah aman di dalam tangan dan kepemilikan Tuhan Yesus.
Pasangan tanya jawab pertama tersebut kemudian dilanjutkan dengan tanya-jawab yang kedua yaitu

Q : How many things are necessary for thee to know, that thou, enjoying
this comfort, mayest live and die happy?

A : Three; the first, how great my sins and miseries are; the second, how I
may be delivered from all my sins and miseries; the third, how I shall
express my gratitude to God for such deliverance.

(Heidelberg Catechism 1.2)
Pertanyaan kedua Katekismus Heidelberg nampaknya dibuat sebagai latar belakang bagi pertanyaan pertama yang adalah figur utama dari seluruh tema penghiburan Kristiani. Pertanyaan kedua Katekismus Heidelberg agaknya merupakan pengetahuan teologis yang harus dimiliki seseorang terlebih dahulu agar jawaban dari pertanyaan pertama Katekismus Heidelberg menjadi sangat signifikan bagi kerohanian orang tersebut.
Tiga bagian di atas yang harus diketahui seseorang agar ia dapat hidup menikmati penghiburan Kristiani dikenal sebagai Sin-Salvation-Service atau Guilt-Grace-Gratitude. Dan ketiga hal tersebut menjadi kerangka bagi keseluruhan 129 pasang tanya-jawab Katekismus Heidelberg. Menurut Cornelius Platinga, “… these three sections follow the general outline of Paul’s Romans. They move in personal, “existential,” autobiographical fashion from a person’s misery to her rescue to, at last, her life of grateful service.”
Bagi Ursinus masing-masing pengetahuan terhadap Sin-Salvation-Service memiliki fungsi yang signifikan terhadap kerohanian orang Kristen. Mengenai Sin misalnya, Ursinus menulis bahwa pengenalan akan Sin akan mempersiapkan orang akan Salvation berikut sukacitanya. Tulis Ursinus

A knowledge of our misery is necessary for our comfort, not that it of itself administer any consolation, or is any part of it, (for of itself it rather alarms than comforts,) but it is necessary: First, because it excites us in the desire of deliverance … Secondly, that we may be thankful to God for our deliverance. We should be ungrateful if we did not know the greatness of the evil, from which we have been delivered; because in this case, we could not correctly estimate the magnitude of the blessing … Thirdly, because without the knowledge of our sinfulness and misery, we cannot hear the gospel with profit; for unless, by the preaching of the law as touching sin and the wrath of God, a preparation be made for proclamation of grace, a carnal security follows, and our comfort becomes unstable.


Yang dimaksud dengan misery bukan berbicara mengenai perasaan miserable belaka melainkan “the Heidelberg Catechism is not talking particularly about feeling miserable. It is talking instead about the unhappy fact that we are in a miserable condition whether we feel it or not.” Tulis Cornelius Platinga lebih lanjut

It is interesting to know that the German word that Ursinus selected for misery (das Elend) originally meant something like “exile” or “a foreign land.” This suggestion is plain. By losing our home with God in paradise, because of Adam’s sin, we have gone into exile. We have become foreigners to God and strangers to each other. We have become aliens. We have lost our estate. In the Heidelberg Catechism “misery” stands for all of the desperate consequences of original sin. It stands for the human situation or the human predicament after the fall.
The Heidelberg Catechism takes this situation with deadly seriousness. Questions and Answers 10 and 11, for instance, are blunt: unless we are rescued, we will suffer miserably forever. Yet the Catechism does not linger over this suffering or this misery. In fact, the Misery section is the shortest of the three main sections of the Catechism. Its main point is this: the loss of our home with God has made our misery great. In making this point, the Catechism says three things. It says first that we know our predicament from the law of God (Answer 3). It says that we fell into this predicament by sinning in Adam (Answer 7). And it says, finally, that our misery is so great that unless we are somehow given new life, its last horror will be everlasting punishment (Answer 11).

Kemudian pengetahuan dan pengenalan mengenai Salvation (deliverance) diperlukan karena ia merupakan solusi bagi problema Sin yang telah dipaparkan sebelumnya sekaligus menjadi sumber penghiburan bagi orang yang menyadarinya. Cornelius Platinga membagi pengenalan akan deliverance dari Katekismus Heidelberg ke dalam empat bagian yakni

The middle section of the Heidelberg Catechism speaks of our deliverance from debt and of the Deliverer. It does so in four ways. It says, first, that we must trust our Deliverer, Jesus Christ, to pay the debt we cannot pay for ourselves (Q & A 12-28). Secondly, it tells the events of Christ’s career calculated to pay this debt (Q & A 29-52). Next, it speaks of the benefit of this payment applied on our account through the Holy Spirit (Q & A 53-64). Finally, the Catechism discusses the confirmation of these benefits through the use of the sacraments and church discipline (Q & A 65-85). The predominating imagery is financial. There is debt and there is payment on our account. But the credit is never our own.

Yang menarik di sini adalah Katekismus Heidelberg memasukkan aspek gratitude sebagai bagian dari pengetahuan yang harus dimiliki oleh orang Kristen agar mereka dapat menikmati penghiburan Kristiani, sebagaimana yang telah diuraikan di dalam tanya-jawab pertama, dan menghidupi Kekristenan dengan sukacita baik di dalam hidup mau pun mati. Hal ini sedikit banyak mencerminkan pengaruh pemikiran Calvin yang komprehensif mengenai kehidupan Kristen yakni kepenuhan hidup Kristiani tidak hanya berhenti ketika ia menerima anugerah keselamatan di dalam Kristus saja. Namun, bagi Calvin, kepenuhan hidup Kristiani itu sendiri juga mencakup akan kehidupan setelah seseorang menjadi Kristen melalui piety dan godliness.
Mengenai signifikansi pengetahuan akan Service atau Gratitude, Ursinus menjelaskannya demikian

First, … gratitude is, therefore, the principle end, and design of our deliverance … Secondly, that we may return such gratitude as is acceptable to God, who will not have us to be grateful under any other form than that which he has prescribed in his word … Thirdly, that we may know that whatever duties we perform towards God and our neighbor, are not meritorious, but are a declaration of our thankfulness; for that which we do from gratitude, we acknowledge we have not deserved. Lastly, that our faith and comfort may be increased; or that by this gratitude, we may assure ourselves of our deliverance …

Dan yang patut dilakukan oleh orang Kristen sebagai gratitude terhadap Allah dijelaskan oleh Katekismus Heidelberg di dalam pembahasan mengenai dua hal yakni Sepuluh Perintah Allah dan Doa Bapa Kami. Kedua hal ini mewakili ketaatan kepada hukum Allah di dalam perspektif educational use of the law serta berdoa itu sendiri. Cornelius Platinga menulis bahwa
The question of newly delivered Christians is always, “How then shall we live?” The Catechism has one answer: we are to live gratefully, thankfully. The great third part of the Heidelberg Catechism is concerned with gratitude, with what the German text calls Dankbarkeit. But there are two main ways in which we are to show this gratitude. One is to do good works according to the law. This lies at the heart of conversion itself (Answer 90). The other is to pray. The law and prayer together make up most of the third part.

Platinga melanjutkan lagi bahwa keseimbangan yang diberikan Katekismus Heidelberg antara ketaatan, kerja dengan berdoa menjadi sebuah keseimbangan antara kutub sosok Kristen yang menjadi esktrem militan dengan orang Kristen lain yang menjadi pietis autis di dalam dunia.

Here in Answer 91, then, the Catechism gives a threefold qualification for good works. Immediately the central one of these, conformity to God’s law, is selected for extended treatment. Thus, a striking and sometimes virtuoso, interpretation of the Ten Commandments follows. The Catechism is simply saying what it means for good works to be conformed to God’s law. The Catechism is simply exhibiting the profound Reformed interest in law-shaped gratitude. But obedience to the Ten Words is not the only part of our Dankbarkeit. In fact, it is not even the chief part. That distinction is reserved for prayer.
Why do Christians need to pray?
Because prayer is the most important part of the thankfulness God
requires of us.
(Q & A 116)
Almost at once follows the Catechism’s deeply devotional treatment of the Lord’s Prayer, a treatment which, as we recall, consists largely of answers that are themselves prayers.
So the Heidelberg Catechism thinks of the life of gratitude as combining work and prayer, good deeds and devout words. Both are necessary. Most heretical practices can be traced to a minimizing of the one or the other. There are the cold-eyed activists, going angrily and prayerlessly about the business of benevolence. And there are the self-indulgent pietists who have callouses on their knees, but none on their hands. Yet, according to the Catechism, gratitude will lead us to practice a combination of work and prayer.

Di dalam bagian ini kembali Katekismus Heidelberg menunjukkan pengaruh pemikiran Calvin di dalamnya mengingat Calvin sendiri memberi porsi yang cukup besar mengenai doa di dalam Institutio-nya.
III. KESIMPULAN DAN APLIKASI
Katekismus Heidelberg merupakan salah satu dari sekian banyak katekismus dan pengakuan iman teologi Reformed di sepanjang sejarah. Keunikan dari Katekismus Heidelberg adalah ia mengangkat isu tentang penghiburan dan sukacita Kristiani di dalam Kristus pada tanya-jawabnya yang pertama. Hal ini merupakan sesuatu yang relevan bagi jaman postmodern dimana gereja akhirnya harus berhadapan dengan tantangan bahwa yang disebut pengetahuan atau pengenalan akan Allah bukan semata-mata pengetahuan yang bersifat objektif belaka. Postmodern membawa gereja untuk mengingat kembali bahwa pengenalan akan Allah harus juga memiliki sisi yang bersifat experiential dan subjektif.
Penghiburan dan sukacita Kristiani yang diajarkan di dalam Katekismus Heidelberg bersumber kepada penderitaan dan karya penebusan Kristus yang membayar lunas hutang orang percaya sehingga secara legal semua orang percaya menjadi milik-Nya. Oleh sebab itu jaminan keselamatan (assurance of salvation) menjadi begitu krusial di dalam kerohanian orang Kristen karena ia menjadi semacam kesadaran dan pengalaman subjektif internal seseorang bahwa orang tersebut memang sudah menjadi milik Kristus. Jaminan keselamatan itu sendiri utamanya bersifat theosentris karena bersumber dari kesaksian Roh Kudus di dalam hati orang percaya bahwa memang ia sudah diselamatkan di dalam Kristus. Akan tetapi orang percaya pun perlu melihat bahwa memang hidupnya mengalami pertobatan sejati melalui kesaksian hidupnya sendiri yang bersesuaian dengan prinsip firman Allah.
Akan tetapi jaminan keselamatan yang dimiliki oleh orang percaya secara paradoks tidak serta merta memberikan sukacita tersebut karena keselamatan yang diterima oleh orang percaya dapat dipandang secara biasa dan taken for granted akibat kelalaian di dalam menghargai anugerah Allah tersebut. Katekismus Heidelberg menuntut ada disiplin rohani atau sarana anugerah agar orang percaya dapat secara penuh bersukacita di dalam penebusan Kristus melalui dua macam jalan yakni via contemplativa: meditasi akan dosa dan segala bencana yang seharusnya kita terima, meditasi akan Kristus dan karya keselamatan-Nya bagi kita, disiplin berdoa serta via activa: hidup dan bekerja untuk mempermuliakan Allah di dalam dunia-Nya.


DAFTAR PUSTAKA
Beeke, Joel & Ferguson, Sinclair B. (ed.), Reformed Confessions Harmonized,
Grand Rapids: Baker Books, 1999.
Calvin, John, Institutes of Christian Religion vol. 1, John T. McNeill (ed.),
Louisville: WJK,
Dyken, Douglas Van, Rediscovering Catechism: The Art of Equipping the Covenant
Children, NJ: Presbyterian & Reformed, 2000.
Kristanto, Billy, Treasury on Christian Spiritual Classics, intensive course,
Reformed Institute Jakarta, 20-24 Agustus 2007.
____________, Kehidupan Kristen menurut Calvin, makalah.
Leith, John H., Introduction to the Reformed Tradition, Atlanta: John Knox
Press, 1981.
Platinga, Cornelius, A Place To Stand: A study of ecumenical creeds and Reformed
confessions, Bible Way
Zacharias, Ursinus, The Commentary of Dr. Zacharias Ursinus on the Heidelberg
catechism, NJ: P&R, 1852.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar