Minggu, 23 Agustus 2009

Apa Itu GKKR?

Gerakan Kebangunan Kristen Reformed (GKKR), didirikan oleh Muriwali Yanto Matalu, sejak masih duduk di tingkat akhir pada Sekolah Tinggi Theologi Salem, Malang. Tepatnya dimulai pada tanggal 6 Maret 2006, oleh karena visi & beban yang jelas dari Tuhan. Gerakan ini adalah sebuah gerakan kebangunan theologi sistematika dan apologetika Reformed yang dikombinasikan dengan penginjilan dan disertai semangat kebangunan rohani serta mandat budaya.

Visi & Misi

Kami melihat bahwa di mana-mana, kondisi kekristenan saat ini baik dalam hal iman sejati, pengetahuan akan kebenaran Firman, dan kehidupan moral orang Kristen sungguh sangat menyedihkan.
Hal ini disebabkan oleh Modernisme dan theologi Liberal yang walaupun sudah tidak memiliki kekuatan, tetap masih bercokol di dalam gereja-gereja lama, yang di Indonesia rata-rata merupakan hasil misi gereja Reformed Belanda. Gerakan Kharismatik ekstrim membawa kekacauan doktrin yang sedemikian hebat, yang melemahkan iman sejati serta mengaburkan pengajaran firman yang benar. Bangkitnya Gerakan Zaman Baru (New Age Movement) dengan nafas panteisme, yang meninggikan segala sesuatu sebagai Allah dan memelorotkan Allah menjadi segala sesuatu, serta filsafat Postmodern yang memaksa kemutlakan kebenaran Allah tunduk pada subyektivisme dan relativisme.
Hal-hal ini sangat menakutkan, dan timbul pertanyaan, masihkah iman Kristen sejati diberitakan? Masihkah Injil yang murni tentang salib penebusan Kristus diproklamirkan? Masihkah suara menggembirakan dari Firman, yang mengajar, menyatakan kesalahan, memperbaiki kelakuan serta mendidik orang dalam kebenaran, diteriakkan dari mimbar-mimbar Kristen?
Kami juga melihat bahwa kantong-kantong Kristen di beberapa daerah di Indonesia semakin meredup dan melemah. Siapakah yang akan mendengarkan dan memerhatikan teriak mereka? Perlukah re-evangelisasi dan pembinaan teologi kepada mereka?
Gerakan Kebangunan Kristen Reformed dengan dasar teologi Reformed yang ketat, didirikan untuk menjawab tantangan ini.

Pelayanan GKKR saat ini:

1.Pembinaan Iman Kristen RRI Pro 1 Malang, FM 94.6 dan AM 891, setiap Sabtu, pukul 16.30 - 17.30, (kecuali ada siaran langsung sepak bola dan selama bulan puasa). Pembicara Muriwali Yanto Matalu. Acara ini diadakan GKKR bekerja sama dengan RRI Pro 1 Malang. Sejak bulan Februari 2007 sampai sekarang kami sudah membahas tema-tema antara lain tentang Roh Kudus, Ucapan Bahagia, 10 Hukum Tuhan, Doa Bapa Kami serta Pengakuan Iman Rasuli dan saat ini sedang membicarakan doktrin Kristus. Berdasarkan telepon dan sms yang kami terima, siaran ini juga didengar oleh orang-orang Kristen di Pasuruan, Blitar dan Mojokerto bahkan sampai di Tuban.

2.Pembinaan tetap setiap Senin di Malang, pkl. 16.30-18.30 bertempat di jl. Sarangan Atas 37, Malang.

3.Pembinaan tetap di Melolo, Sumba Timur setiap Rabu pukul 17.30-18.30 WITA, via HP langsung dari Malang, di rumah Bapak Tamu Kalaway, Kampung Baru, Melolo.

4.Penerbitan bacaan Kristen Suara Reformasi.

5.Seminar dan Kebaktian Kebangunan Kristen yang diadakan secara berkala. Baik di Malang maupun di tempat-tempat lain.

1 komentar:

  1. Ada apa dengan siaran langsung sepak bola dan bulan puasa???

    BalasHapus